Penjelasan Tentang Sperma

Artikel terkait : Penjelasan Tentang Sperma

Banyak penjelasan mengenai tentang sperma, oleh karena itu dalam tulisan ini kami akan membahas penjelasan mengenai tentang sperma.


Sperma. Sperma bisa disebut spermatoza atau juga disebut spermatozoid adalah sel reproduksi laki-laki yang diproduksi oleh testis mulai saat bupertas dan biasanya berlanjut hingga usia 70 tahun. Spermatozoid berasal dari bahasa yunani yang berarti benih makhluk hidup. Sel sperma akan memebuahi ovum untuk membentuk zigot. Zigot adalah sebuah sel dengan kromosom lengkap yang akan berkembang menjadi embrio. Berikut adalah urutan untuk pertumbuhan sperma (spermatogenesis) diantaranya sebagai berikut:
  • Spermatogonium akan membelah dua
  • Spermatosit pertama akan membelah dua
  • Spermatosit kedua akan memebelah dua dan tumbuh menjadi spermatoza yang sering disebut sperma.

A. Kriteria sperma menurut WHO
Ketika seorang laki-laki mengalami ejakualasi, sperma yang keluar antara dua sampai tujuh juta sehingga akan mengakibatkan jumlah sperma normal. Pengertian ini menurut WHO dimana penjelasannya sebagai berikut:

  • Konsentrasi spermatozoa setidaknya harus 20 juta/ml
  • Total valume semen setidaknya harus 2 ml
  • Jumlah total spermatoza ejakulasi setidaknya harus 40 juta, 75 persen daru spermatozoa dan harus hidup. Kalau yang mati kurang dari 25 persen.
Maksudnya:
  • 30 persen dari spermatozoa harus dalam bentuk normal
  • 25 persen dari spermatozoa harus berenang dengan gerakan maju cepat
  • 50 persen dari spermatozoa harus berenang ke depan meskipun gerakannya lamban.

Jadi sel sperma memiliki jenis kelamin laki-laki maupun jenis kelamin perempuan. Maksudnya sel sperma manusia terdiri atas kepala yang berukuran 5 cm x 3 cm dan ekor sepanjang 50 cm. sel sperma pertama kali diteliti oleh salah satu seorang murid dari antonie van leeuwenhoek tahun 1667. Sel sperma manusia di bawa oleh cairan yang dikenal sebagai semen (air mani). Secara umum istilah sperma ini sering dipakai bergantian dengan kata ‘air mani’ oleh orang awam.
Volume rata-rata air mani manusia yang dihasilkan pada setiap ejakulasi adalah 2 sampai 5 ml. volume konsisten kurang dari 1,5 ml. (hiposmermia) atau lebih dari 5.5 ml (hiperspermia) mungkin abnormal. Volume yang lebih  rendah mungkin terjadi setelah sangat sering ejakulasi dan volume yang tinggi terlihat setelah lama tidak ejakulasi.

B. Berapa lama sperma hidup
Untuk menegatahui berapa lama sperma hidup. Sperma hidup tergantung pada sejumlah faktor. Faktor yang paling penting adalah dimana sperma berada. diantaranya pada permukaan yang paling kering seperti pakaian atau selimut, sperma mati pada saat semen telah kering, ketika dalam air seperti air hangat atau bak mandi air panas, sperma kamungkinan akan hidup lebih lama.
Ketika dalam tubuh wanita sperma bisa hidup hingga lima hari tergantung pada kondisi wanita tersebut. Jika wanita berhubungan seks tanpa kondom bahkan beberapa hari sebelum pasangan berovulasi maka wanita itu kemungkinan dapat menyebabkan kehamilan.
Kemudian ketika pada pria dewasa normal, proses spermatogenesis terus berlangsung sepanjang hidup, walaupun kualitas dan kuantitasnya makin menurun dengan berambahnya usia.maka dari itu, sangat di sarankan untuk selalau menjaga kesehatan termasuk kesehatan sperma dengan mengkonsumsi buah-buahan serta makan-makanan yang bergizi.

C. Warna semen atau air mani
Semen mempunyai beberapa warna, akan tetapi biasanya berwarna putih atau abu-abu, tapi kadang-kadang dapat muncul kekuningan. Bukan itu saja ada juga semen yang berwarna merah atau merah muda. Warna ini kemungkinan menunjukan bahwa adanya darah dalam kandungan semen. Seperti semen membekusetelah ejakulasi, lengket seperti jelly cair, dan akan mencair lagi dalam 5 sampai 40 menit. Hal ini sangat normal untuk membentuk seperti teteasan jelly dan ini tidak menunjukan masalah kesehatan atau kesuburan.

Berikut adalah penjelasan mengenai tentang sperma. 
  

Artikel #7 yingyangtwinsringtoneagviu Lainnya :

Copyright © 2018 #7 yingyangtwinsringtoneagviu | Design by Mez